Selasa, 31 Maret 2009

High Quality of Siput (lambat untuk menang)

"Tulisan ini pernah saya muat sebelumnya di blogg yang lain. Tentang siput yang ternyata juga memiliki kelebihan yang luar biasa. Tidak selamanya kelambatan kita dalam bekerja merupakan sebuah kekurangan, akan tetapi mungkin itu sebuah ketelitian"

“Siput”, binatang satu ini mungkin bagi sebagian orang dijadikan sebagai lambang dari kelambanan kinerja seseorang, tim ataupun organisasi. Siput juga menurut sebagian orang adalah binantang yang menjijikan jika dipandang mata dan bahkan mungkin menakutkan. Padahal banyak yang tidak diketahui maupun disadari orang tentang kelebihan dari makhluk ciptaan Alloh ini, diantaranya adalah :

“Siput berjasa sebagai detretivor”

Jika pembaca yang budiman masih ingat dengan mata pelajaran biologi waktu SMP/SMU dahulu, mungkin anda pernah mendengar istilah “detretivor”. Istilah ini masih mirip-mirip dengan herbivor, karnivor dan omnivor. Kalau herbivor hewan pemakan tumbuhan, karnivor hewan pemakan daging atau hewan lainnya sedangkan omnivor adalah hewan pemakan segala, maka istilah detretivor ini diberikan kepada hewan yang memakan detritus (seresah). Kenapa disebut berjasa?karena siput memakan seresah dedaunan dan menjadikannya menjadi bagian-bagian yang kecil (serpihan) sehingga mudah diuraikan oleh bakteri pengurai. Jika benda-benda yang besar seperti daun kemudian menjadi detritus, maka hal tersebut amat membantu kelestarian lingkungan di sekitar siput itu berada. Detritus itu kemudian selain menjadi makanan bagi siput juga diurai oleh bakteri pengurai untuk dijadikan sebagai zat hara organik (pupuk). Sehingga tanah yang banyak mengandung detritus ialah tanah yang subur. Hal ini dijadikan sebagai indikator di dalam bidang kajian Ekologi untuk menunjukan potensi kesuburan dari suatu tempat (biasanya habitat perairan). Tanpa siput, maka lingkungan akan mudah tercemar oleh tumpukan daun yang tidak terurai dengan sempurna. Hikmah dari kemampuan siput tersebut adalah siput diciptakan bukanlah untuk sia-sia dan siput memiliki peran yang amat penting demi kelestarian lingkungan sekitar.

“Siput sang pengembara”

Jika ada suatu tantangan apakah anda mau beradu jalan dengan siput?mungkin pembaca yang budiman akan bersemangat untuk berlomba jalan kaki dengan siput. Tetapi dalam hal ini yang d inilai bukanlah masalah kecepatan tetapi masalah stamina. Coba bayangkan jika anda berjalan kaki dari Jakarta ke Bogor, apakah anda sanggup berjalan terus tanpa istirahat?siput walaupun jalannya lambat namun ia adalah sang pengembara sejati. Zona penyebarannya amat luas, coba anda fikirkan daerah mana yang tidak ada siput?di daerah manapun jika memiliki kelembaban yang cukup, maka di sana pula ada siput. Sehingga jika ada beradu jalan dengan siput mungkin anda akan menang dalam taraf kecepatan namun jika ingin beradu stamina, maka maaf anda harus mengakui bahwa siputlah sang pemenang. Hal ini senada dengan pepatah filsafat jawa yakni alon-alon waton klakon yang artinya pelan-pelan asal sampai. Siput tidak pernah minder walau diberikan kemampuan jalan yang amat pelan, namun dibalik itu ia memiliki kelebihan yang luar biasa.

"Semangat siput dalam perlindungan diri"

Walau lamban siput memiliki semangat yang tinggi untuk mempertahankan hidupnya dari serangan predator dan demi memenangkan kompetisi dalam interaksi (hiperbolis) meski sebenarnya dalam kehidupan nyata siput tetap sebagai pre dan bukan predator. Tetapi siput tidak akan pernah menyerah dan rela begitu saja dimangsa oleh predator. Siput masuk kedalam Filum mollusca atau termasuk hewan yang bertubuh molus (lunak dan berlendir), sehingga tubuhnya amatlah ringkih terhadap lingkungannya. Tetapi Alloh SWT memberikan keistimewaan dalam penciptaan siput ini. Tubuh siput memiliki mukosa (lendir) yang berfungsi sebagai minyak pelumas dan pelindung bagi tubuhnya ketika ia berjalan-jalan dipermukaan. Jalan sekasar apapaun dan seterjal apapaun akan mudah dilalui siput dan Subhanalloh hal ini tidak melukai sedikitpun tubuhnya. Selain itu siput juga diberikan Alloh SWT cangkang yang diselimuti mantel pelindung di dalamnya yang dapat memberikan rasa keamanan dan kenyamanan bagi siput. Mantel tersebut berfungsi sebagai tempat persembunyian ketika ia merasa terganggu atau terancam oleh lingkungannya. Meski panas terik atau hujan, siput tetap bisa hidup asalkan lingkungannya tempat tinggalnya lembab. Cangkang ini mirip dengan firewall pada software komputer. Jadi predator yang ingin memangsa paling tidak harus kebingungan mencari tubuh siput apabila akan memakannya.

Teruss!!….

Siput dicipkan oleh Alloh SWT dengan kelemahan sekaligus kelebihan. Hal ini tidak dapat dibantah oleh teori atau penelitian apapun bahwa Alloh SWT dalam menciptakan makhluk-Nya secara adil dan Alloh SWT sebenar-benarnya pencipta. Adalah suatu yang mustahil apabila Alloh SWT mendzolimi hamba dengan ketetapan-Nya. Ada banyak hikmah dibalik setiap rencana-Nya karena sesungguhnya Alloh SWT menginginkan kebaikan pada hamba-Nya bukan kesusahan. Dibalik setiap kesukaran pasti ada kemudahan.

Selanjutnya….

Jadi sekarang janganlah minder jika anda, tim anda ataupun organisasi anda dijuluki sebagai siput yang lambat gerakannya serta hampir tidak terlihat bergerak. Tetapi ambillah hikmah bahwa gerakan yang lambat adalah sebuah proses adaptasi terhadap keberhasilan suatu kerja. Ada pepatah “cepat berhasil maka cepat pula gagalnya” dan banyak contoh kasus yang membuktikan pepatah tersebut. Sebuah program kerja tidak hanya dinilai dari kecepatan pengerjaannya tetapi juga ketepatan, kualitas dan kesinambungan dari kerja tersebut. Rosululloh SAW pernah ditanya oleh salah seorang sahabat mengenai amalan yang disuka Alloh, beliaupun menjawab bahwa “amalan yang disuka oleh Alloh SWT adalah amalan yang sedikit namun intensitas serta kualitasnya tinggi”. Tidak selamanya kerja yang cepat, tepat dan lancar memiliki kualitas yang baik jika tidak ada keberlanjutannya. Program yang baik adalah program yang berkesinambungan yakni program yang dapat memunculkan program lainnya setelah program itu selesai. Perbaiki amalan dengan niat yang lurus hanya semata mengharap keridhoan Alloh dan mohon agar diberi kemudahan. Tunggulah pasti pertolongan Alloh akan datang, Maha benar Alloh dengan segala Firman-Nya.

Slug_1

Tidak ada komentar: